CELL ANIMATION
LATAR BELAKANG
Di
dalam sejarah film animasi banyak perkembangan yang terjadi, utamanya dalam hal
teknis. Pada awal animasi ditemukan (permulaan abad 20), animator harus
menggambar animasinya di atas kertas satu demi satu, termasuk gambar latar
belakang. Misalnya, jika karakter kartun sedang berjalan melintasi pagar rumah dan pohon apel, maka animator harus
menggambar di setiap lembar kertasnya pagar dan pohon tersebut di samping
karakter yang sedang berjalan ini. Padahal pohon dan pagar ini tidak bergerak sehingga
terasa bahwa cara ini sangat tidak efisien dan terkesan membuang-buang waktu.
Pada
saat ditemukannya cell animation, animator dapat berlega hati karena gambar
backgrounddapat dilukis terpisah dan lebih detil. Sementara gambar karakter dibuat di atas selembar celluloid
(semacam plastik transparant) dan diberi cat yang bersifat padat sehingga
apabila digabungkan, akan tercipta kesan bahwa karakter tersebut berada di
suasana alam yang digambarkan oleh background yang telah ditentukan. Misalnya Donald Duck
sedang berlari di sebuah jalan dengan pemandangan gunung, hutan, dan sungai (background).
Gambar Donald dibuat di atas kertas yang kemudian dipindahkan (dijiplak ulang)
pada celluloid dengan jumlah gambar yang telah ditentukan,sementara gambar
pemandangan dibuat diselembar kertas yang kemudian dilukis dengan cat plakat.
Cara
ini sangat populer dan bertahan hingga abad ke-20. Cara ini sering disebut cell
animation karena animasi tersebut digambar dengan media. Banyak film animasi
yang baik telah diciptakan dengan cara cell animation. Namun pemakaian cell dan
cat animasi khusus tetap saja mempunyai kekurangan, di samping harga cell yang cukup
mahal dan penggunaan warna-warna yang juga terbatas. Seiring dengan kemajuan
teknologi,utamanya di bidang komputer, tugas pengecatan cel-animation mulai
dialihkan ke komputer. Sesudah animator selesai dengan line drawingnya,
pewarnaan akan diteruskan oleh komputer. Tentu saja hasilnya lebih baik dan
lebih presisi. Yang pasti adalah animator tidak akan kekurangan cat. Maka perusahaan-perusaahaan besar yang bergerak di
bidang animasi mulai bergeser menggunakan komputer untuk mempermudah dan
mempercepat produksinya.
PENGERTIAN CELL ANIMATION
Kata
“cell” berasal dari kata “celluloid”, yang merupakan material yang digunakan
untuk membuat film gambar bergerak. Sekarang, material film dibuat dari asetat
(acetate), bukan celluloid. Celluloid yang sebenarnya terdiri dari selulosa nitrat dan kapur barus
yang digunakan pertama kali pada pertengahan abad ke 20, tapi karena mudah
terbakar dan dimensi yang tidak stabil lalu digantikan oleh selulosa asetat. Potongan animasi dibuat
pada sebuah potongan asetat atau sel (cell). Disebut
cell animation karena teknik pembuatannya dilakukan pada celluloid transparent. Sel animasi biasanya
merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal.
Sel
animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel
untuk masing-masing obyek yang bergerak secara mandiri di atas latar belakang.
Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar
kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan.
Sebuah
frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya. Misalnya seorang
animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar
lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran
berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya
membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame)
dapat disipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus. Frame-frame yang
digunakan untuk menyisipi celah-celah tersebut disebut keyframe. Selain dengan
keyframe proses animasi sel dengan layering dan tweening dapat
dibuat dengan animasi computer.
SEJARAH CELL ANIMATION
Stuart Blackton, Anglo-Amerika,
produser film yang lahir tahun 1800-an, animasi potongan sel pertama disebut
"Humorous Phases of Funny Faces". Sebagian besar dari film ini
menggunakan life action effects (stop motion), tetapi itu dulunya merupakan
acuan untuk perkembangan film animasi di Amerika. Pada tahun 1907, Blackton
mengarahkan film lain yang memotivasi Eropa untuk lebih teliti dalam
mengeksplorasi cell animation.
TEKNIK DAN CARA KERJA CELL
ANIMATION
Pada
umumnya, karakter yang di gambar pada cell lalu diletakkan di atas background
yang statis/diam. Hal ini dapat mengurangi jumlah gambar yang harus digambar
ulang dan dapat membagi pekerjaan disetiap produksinya. Teknik ini juga dapat
mengurangi jumlah biaya produksi.
Teknik
ini ditemukan oleh Earl Hurd, dan dipatenkan pada tahun 1914. Dulunya mereka
menggambar garis sketsa di sisi depan cel sedangkan mewarnainya di sisi blakang
cel, namun sejak tahun 1960an proses ini diganti dengan teknik xerografi atau
teknik fotocopy. Ini merupakan teknik penting lain yang dikembangkan oleh
Caster Carlson di Animation Photo Transfer Process, Pertama kali ditunjukan di
The Black Cauldron pada tahun 1985.
Tidak
setiap detail dari film animasi sel baru ditarik ke setiap frame. Jika ini
begitu, film animasi sel akan mengambil lebih lama untuk menghasilkan. Itu umum
bagi animator untuk membuat piring latar belakang. Sebuah piring latar belakang
latar belakang digambar tangan yang digunakan kembali untuk beberapa adegan.
Animator sering digunakan kembali gambar, khususnya gambar karakter berjalan,
karena akan sangat tidak efisien untuk redraw sesuatu yang begitu
berulang-ulang.
SUSUNAN CELL ANIMATION
Cell
animation sendiri merupakan susunan dari layer, dan layer sendiri dapat
diumpamakan sebagai lembaran kertas transparan dimana pada kertas tersebut
dapat digambar, ditulis atau sebagai tempat konten-konten dari pekerjaan kita.
gambar atau konten tersebut dapat dihapus tanpa mempengaruhi layer/lapisan
lainya, baik yang di atasnya maupun dibawahnya.
Salah
satu fungsi dari layer/lapisan adalah memudahkan proses dari sebuah gambar pada
saat mengedit/memodiifkasi gambar kita. Contohnya saat kita ini menggambar
di layer 1 dan itu salah sedangkan kita sudah membuat beberapa layer lain, baik
background ataupun objek lainya, kita tinggal menseleksi gambar yang salah
tersebut pada layer yang menampung gambar yang salah tadi dan memperbaikinya
tanpa mengubah susunan layer yang sudah ada.
PENGGUNAAN CELL ANIMATION
Jika saat menonton kartun dan
mengetahui mana objek yang bergerak dan warna berbeda dengan backgroundnya.
Misalnya sebuah benda berada di foreground layer bersama dengan objek lainnya,
dan saat benda 1 itu bergerak sebelum benda 2 tersebut
bergerak ke adegan yg lain. Jika demikian berarti terjadi adanya
background plate.
Scooby
Doo dan Tom & Jerry merukapan salah satu dari beberapa kartun yang
menggunakan cell animation pada pengerjaannya dan background plate sebagai alat
bantu produksinya. Sekarang Cell animation digunakan sebagian dalam periklanan,
web desain, game dan kartun itu sendiri.
PERKEMBANGAN CELL ANIMATION
Didalam
cell animation, setiap frame merupakan hand-drawn, dan membuat proses
pembuatannya semakin panjang dan rumit. Namun, banyak seniman dan kritikus
berpendapat bahwa cell aniation lebih personal, dalam arti lain lebih
memliki sifat hidup karena penciptaan yang kompleks. Selain itu, dari segi
tampilan cell animation sangat berbeda dari aniamasi komputer. Saat ini pun, beberapa orang lebih memilih
cell animasi untuk proses pembuatannya di banding menggunakan animasi komputer
dalam beberapa alasan.
SUMBER REFERENSI
No comments:
Post a Comment