Animasi Komputer
PENGERTIAN
Animasi komputer salah satu bentuk modern cara pembuatan dan
pengembangan animasi dengan teknik stop motion dalam animasi tradisional.
Animasi komputer atau animasi CGI ini sendiri merupakan sebuah proses yang
digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar atau animasi itu sendiri dengan
menggunakan komputer grafis. Dengan menggunakan Animasi CGI kita dapat membuat
suatu animasi dengan adegan yang statis dan dinamis, sedangkan animasi komputer
hanya mengacu pada sebuah gambar yang bergerak.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN
Animasi komputer awal digital dikembangkan di Bell Telephone
Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C.
Knowlton, dan A. Michael Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di
Lawrence Livermore National Laboratory. Komputer animasi awalnya, digunakan untuk tujuan
penelitian ilmiah, teknik dan lainnya, tetapi eksperimentasi artistik mulai
terjadi pada pertengahan 1960-an. Pada pertengahan 1970-an, cara ini mulai
masuk ke media publik. Banyak komputer grafis saat ini melibatkan penggambaran
2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring daya komputer meningkat, upaya
untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi penekanan untuk perkembangan animasi
komputer. Pada akhir 1980-an, foto-realistis 3-D mulai muncul di film bioskop,
dan pada pertengahan 1990-an telah dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi
dapat digunakan untuk produksi film keseluruhan.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Proses pembuatan animasi awalnya melibatkan
penggunaan gambar tangan (manual), Dengan ditemukannya komputer maka beban yang
dikerjakan oleh para animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai teknologi canggih
dengan adanya komputer lebih mempermudah pembuatan animasi,dan konsep tiga
dimensi (3D) animasi pun menjadi mungkin.
Animasi grafis tidak hanya berhenti di film dan
gambar gambar bergerak, tetapi juga maju ke bidang yang berbeda dengan bantuan
teknologi baru. Komputer dapat membuat foto realistis tanpa bantuan kamera dan
akhirnya membuat footages animasi yang tampak seperti mereka tangkap oleh
kamera video. Perangkat video capture
menjadi lebih canggih dan kuat. Film dapat direkam dengan resolusi sangat
tinggi, dan proses transfer kepada konsumen menjadi lebih mudah. Namun
demikian, peran teknologi memainkan bagian yang sangat besar dalam animasi,
karena teknologi mempengaruhi perkembangan hardware dan software baru untuk
proses pembuatan animasi. Bukan hanya itu, kemajuan perangkat capture seperti
kamera video juga dapat menghasilkan film dengan resolusi yang lebih tinggi.
Sekitar beberapa ratus tahun yang lalu di mana
tidak ada mikroprosesor, proses pembuatan animasi lambat dan kualitas tidak
benar-benar baik. Namun, sebagai teknologi baru yang ditemukan seperti
komputer, proses render film menjadi lebih mudah setiap hari. Namun, karena
teknologi baru memungkinkan gambar untuk memiliki resolusi sangat tinggi, daya
perangkat keras pengolahan juga menjadi tantangan. Dengan "tenaga
kuda" adanya komputer CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphic
Processing Unit), waktu render untuk gambar selama 20 tahun terakhir
hanyamenghabiskan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Namun, karena resolusi
tinggi, proses render akan memakan waktu lebih lama. Misalnya, film
"Transformers", sebuah film tentang robot alien yang mencoba untuk
menyerang bumi. Satu detik dari film biasanya memiliki 24 frame, dan kita dapat
melihat lama waktu yang diperlukan untuk membuat rekaman CGI yang mengagumkan
dengan teknologi terbaru yang tersedia.
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
TIPE DAN JENIS ANIMASI KOMPUTER
-TIPE
ANIMASI KOMPUTER
Animasi 2 Dimensi
Animasi
2 Dimensi adalah animasi yang paling sering kita jumpai, animasi ini biasa
disebut dengan kartun. Animasi ini berbasis pada konsep gambar 2
dimensi.Contoh-contoh dari animasi ini adalah Doraemon,Shin Chan dan lain lain.
Animasi 3 Dimensi
Animasi
3 Dimensi merupakan perkembangan dari animasi 2 dimensi. Dengan berdasarkan
pada konsep gambar 3 dimensi sehingga menghasilkan animasi yang lebih
realistis, detail dan nyata karena hampir menyerupai bentuk aslinya. Contoh
dari animasi 3 Dimensi sendiri adalah Toys Story 3,Ants Finding Nemo dan
lain-lain.
-JENIS
ANIMASI KOMPUTER
Komputer
Assist
Beberapa
contoh pertama dari animasi komputer komersial secara tradisional menggunakan
bantuan komputer. Hal ini bisa dalam bentuk komputer yang memproduksi " perantara" atau
gambar yang menghubungkan dua inputan yang sama oleh seniman (sehingga
memungkinkan seniman untuk menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi
pembantu pertama kali digunakan dalam
sebuah film animasi di "The Mouse Detective Besar" Disney pada tahun
1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam jam, dan roda gigi mekanik
kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis
sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari
TKP. Teknik yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian seperti
"Beauty and the Beast" (1991), "Pocahontas" (1995) dan
"Tarzan" (1999) .
Gerak
Kontrol dan Script
Animasi
komputer yang paling modern menggunakan sistem kendali gerak yang digunakan
oleh animator untuk memanipulasi
pembuatan sebuah objek, dan kemudian memindahkan obyek telah yang melalui
serangkaian pose. Metode ini
menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan akhir.
Animasi gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem scripting seperti ASAS
(Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah seorang
programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan
sebuah objek dan memberikan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer
berkembang, sistem yang lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan
animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda melalui antarmuka
yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan
yang animator membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek
dengan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
CGI
Compositing
Animasi
komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film animasi.
Sejak adanya bioskop, unsur-unsur
animasi telah ditambahkan kedalam gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti
model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah
dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di
mana berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited
bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus yang mahal
dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film yang paling tinggi
dibiayai.
Komputer
citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk
menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya
dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari
sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing
animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
Motion
Capture
Motion
capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak minat dalam
beberapa tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada sensor kecil yang
ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor
melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor
dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke
komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama
seperti aktor lakukan.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film "Lord of the Rings".
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film "Lord of the Rings".
Animasi
Flash
Salah
satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash merupakan
salah satu nama untuk program Flash dari Adobe yang telah mereka produksi,
meskipun saat ini ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk
menciptakan "flash" animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal gerakan
dan gaya, namun Flash lebih murah untuk memproduksi ,karena itu sekarang flash
semakin meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan
dan umum sebagai konten video di situs Web.
KEGUNAAN
Kegunaan dari animasi komputer pada
era ini sangat banyak. Animasi komputer mendukung dalam perkembangan banyak
industri, tidak menentu hanya pada bidang program komputer atau siaran televisi
saja tetapi pada hampir seluruh bidang sepertipengaplikasian pada bidang
pendidikan, rekayasa, produksi film, simulasi penerbangan, forensik, medis,
militer, visual bercorak ilmiah, simulasi, penjelajahan ruang angkasa , dan
produksi video. Setelah kesesuaian diadaptasikan ke dalam berbagai bidang, maka
tidak mustahil peggunaannya akan diperluas lagi dalam bidang-bidang yang baru.
Dibidang pertelevisianlah animasi komputer paling banyak digunakan.
Animasi komputer dibuat untuk periklanan dalam televisi, atau sebagai acara
animasi sehari-hari.
Namun
dibidang pendidikan, penggunaan animasi komputer juga tidak kalah digunakan,
animasi komputer digunakan untuk perkembangan dalam pendidikan dengan
menggunakan metode audio visual, selain itu dengan menggunakan animasi komputer
yang banyak diminati anak-anak ini, membuat proses belajar jauh lebih menarik
dan lebih mudah dipahami.
Sumber Referensi:
No comments:
Post a Comment